TikTok Shop by Tokopedia melalui Creators Lab, berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar RI), menggelar pelatihan komprehensif bagi mahasiswa politeknik pariwisata (poltekpar) di berbagai daerah, termasuk Lombok belum lama ini.
Program ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan keterampilan pembuatan konten digital, sehingga mereka bisa menjadi kreator berpenghasilan sekaligus membantu promosi pariwisata dan produk UMKM lokal melalui konten video.
Pelatihan ini juga mendukung kampanye #BelanjaAman di TikTok Shop, yang mendorong konsumen untuk lebih selektif dalam memilih produk atau penjual terpercaya di platform e-commerce.
“Untuk mengembangkan semangat kewirausahaan di kalangan anak muda, khususnya yang memanfaatkan teknologi digital, kami menghadirkan Creators Lab sebagai wadah bagi mahasiswa poltekpar untuk belajar menjadi kreator berpenghasilan. Selain membantu promosi destinasi wisata dan produk UMKM lokal, mereka juga berkontribusi dalam memperkuat kampanye #BelanjaAman di TikTok Shop,” ujar Vonny Susamto, Director of Tokopedia and TikTok E-commerce.
Creators Lab tidak hanya mengajarkan mahasiswa tentang personal branding dan pembuatan konten digital, tetapi juga membekali mereka dengan strategi afiliasi untuk merekomendasikan produk terpercaya. Dengan pemahaman mendalam tentang bagaimana memilih penjual ‘Power Shop’ atau ‘Mall’, serta menganalisis ulasan pembeli sebelumnya, para peserta dapat membangun kredibilitas sebagai kreator profesional di TikTok Shop.
Creators Lab Dukung Pengembangan Pariwisata dan UMKM Lokal
Kolaborasi ini telah berlangsung di berbagai wilayah strategis seperti Palembang, Makassar, dan Lombok, serta akan berlanjut ke Medan, Bandung, dan Bali. Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur dan Pendidikan Vokasi Kemenpar RI, Andar Danova L. Goeltom, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif ini:
“Di era digital, teknologi memiliki peran penting dalam memajukan pariwisata dan UMKM. Kami menyambut baik upaya Tokopedia dan TikTok Shop dalam menghadirkan Creators Lab, karena program ini memungkinkan lebih banyak anak muda mendapatkan penghasilan dari konten kreatif, sekaligus memperkenalkan destinasi wisata dan meningkatkan daya saing UMKM lokal,” tambah Vonny.
Selain menjadi peluang bagi generasi muda, program ini juga membantu perekonomian di sekitar destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Para kreator dapat memperoleh komisi dari setiap produk yang berhasil terjual melalui rekomendasi konten video mereka, sementara UMKM di TikTok Shop semakin berpeluang untuk meningkatkan penjualan.
Pelatihan Digital untuk Meningkatkan Kredibilitas Kreator
TikTok Shop by Tokopedia dan Kemenpar RI turut menekankan pentingnya kredibilitas dalam merekomendasikan produk. Oleh karena itu, peserta Creators Lab dibekali pemahaman tentang cara memilih produk atau penjual terpercaya agar rekomendasi yang dibuat benar-benar valid.
“Menjadi kreator bukan hanya soal membuat konten menarik, tetapi juga tentang membangun kepercayaan dengan audiens. Dengan edukasi tentang #BelanjaAman, peserta dilatih untuk memahami pentingnya review pembeli, izin edar untuk produk makanan dan obat-obatan, serta bagaimana mengarahkan konsumen pada pilihan terbaik di TikTok Shop,” ujar Andar Danova.
Testimoni Mahasiswa dan Harapan Masa Depan
Lalu Ahmad Riki Suhendra, salah satu peserta dari Politeknik Pariwisata Negeri Lombok, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan mengikuti pelatihan ini.
“Menjadi kreator bukan hanya tentang menampilkan kreativitas, tetapi juga memberikan dampak positif bagi banyak orang. Kami sangat bersyukur dapat mengikuti pelatihan Creators Lab, karena kami kini memahami prinsip afiliasi, personal branding, serta bagaimana membuat konten berkualitas di TikTok. Harapan kami, keterampilan ini bisa membantu meningkatkan pariwisata dan UMKM di Lombok melalui TikTok Shop,” ujarnya.