Schneider Electric™, perusahaan global yang bergerak di bidang transformasi digital pengelolaan energi dan otomasi, resmi meluncurkan kampanye edukatif bertajuk “Yang Asli Yang Melindungi” di Plaza Kenari Mas, Jakarta.
Kampanye ini tidak hanya menjadi upaya perusahaan dalam mengedukasi masyarakat soal pentingnya penggunaan produk kelistrikan asli, tapi juga sekaligus memperingati 100 tahun hadirnya TeSys, solusi andalan untuk perlindungan dan kendali motor dari Schneider Electric.
Kampanye ini berlangsung sejak 21 April hingga 30 April 2025 mendatang, dengan berbagai aktivitas edukatif yang dikemas secara interaktif bagi para pengunjung.
Melalui program ini, Schneider Electric ingin menegaskan kembali betapa pentingnya memilih produk kelistrikan asli yang bersertifikasi resmi demi menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengguna.
Bahaya Produk Palsu, Ancaman Nyata di Lingkungan Sekitar
Dalam keterangan resminya, Martin Setiawan, selaku President Director Schneider Electric Indonesia & Timor Leste, menyampaikan bahwa keaslian produk kelistrikan merupakan aspek yang sangat vital.
Pasalnya, produk palsu di pasar alat kelistrikan saat ini masih menjadi ancaman serius, baik bagi keselamatan pengguna maupun bagi stabilitas industri.
Mulai dari risiko korsleting listrik, sengatan listrik, hingga kebakaran bisa dipicu akibat penggunaan produk yang tidak sesuai standar.
“Produk palsu itu tidak hanya merugikan industri alat kelistrikan dan berpotensi menimbulkan kerugian ekonomi negara, tetapi juga membahayakan keselamatan pengguna. Karena itu, kami berkomitmen untuk terus menjaga kualitas dan memastikan seluruh produk Schneider Electric yang beredar di pasaran adalah produk asli, telah melalui proses kontrol kualitas yang ketat, serta bersertifikasi,” ungkap Martin.
Melalui kampanye “Yang Asli Yang Melindungi”, Schneider Electric tidak hanya memamerkan produk unggulannya seperti Miniature Circuit Breaker (MCB), Molded Case Circuit Breaker (MCCB), hingga Contactor, tetapi juga memberikan edukasi interaktif terkait cara membedakan produk asli dan palsu, sekaligus panduan membeli di distributor resmi.
Perayaan 100 Tahun TeSys, Solusi Kontrol Motor Andal dan Inovatif
Kampanye ini juga sekaligus menjadi perayaan 100 tahun kehadiran TeSys, produk solusi kontrol motor dari Schneider Electric yang telah diakui secara global.
Sejak pertama kali diperkenalkan, TeSys telah dipasang di lebih dari 40 juta sirkuit di seluruh dunia, menghadirkan solusi kendali motor yang efisien, aman, dan mendukung prinsip keberlanjutan di berbagai sektor industri.
Di booth kampanye “Yang Asli Yang Melindungi” yang digelar di Plaza Kenari Mas, Jakarta, pengunjung bisa melihat langsung beragam produk asli Schneider Electric sekaligus mendapatkan edukasi tentang spesifikasi, fungsi, dan keunggulan tiap produk.
Pengunjung juga diajak berdiskusi langsung dengan tim teknis Schneider Electric untuk mengenali perbedaan produk asli dan palsu serta mempelajari potensi risiko yang ditimbulkan jika menggunakan produk kelistrikan palsu.
Dukung Edukasi Lewat Akses Informasi Digital
Tidak berhenti di acara offline saja, Schneider Electric turut menyediakan akses informasi digital terkait cara mengenali produk asli dan daftar distributor resmi yang bisa diakses masyarakat melalui situs resmi mereka di se.com/id/id/work/support/counterfeit/.
Fasilitas ini memudahkan konsumen untuk melakukan pengecekan sebelum membeli produk kelistrikan, sehingga keamanan di lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja bisa lebih terjamin.
Selain itu, pelanggan juga dapat menghubungi Customer Care Center Schneider Electric di nomor 1500055 atau email customercare.id@se.com jika membutuhkan informasi tambahan seputar produk asli atau layanan teknis Schneider Electric.