Dalam upaya mempercepat digitalisasi sektor transportasi publik, Visa dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) resmi meluncurkan metode pembayaran Visa Contactless di layanan Commuter Line Basoetta.
Inisiatif ini menjadi solusi pembayaran cepat, aman, dan praktis bagi penumpang, terutama wisatawan domestik dan mancanegara yang akan memanfaatkan libur pertengahan tahun.
Sebelumnya, transaksi pembayaran tiket Commuter Line Basoetta hanya bisa dilakukan melalui gesek atau memasukkan kartu Visa ke mesin EDC.
Kini, cukup dengan menempelkan kartu Visa ke mesin, penumpang bisa menyelesaikan transaksi dalam hitungan detik, tanpa perlu uang tunai atau antrian panjang.
Baca juga: Wisatawan Rusia Serbu Jepang pada 2025
Mendukung Transformasi Digital Transportasi Publik
Langkah ini merupakan bagian dari dukungan Visa terhadap program digitalisasi pembayaran yang dicanangkan oleh Bank Indonesia, sekaligus mendukung target Pemprov DKI Jakarta menjadi salah satu dari 50 Kota Global Dunia pada 2029.
MITJ sebagai pengelola transportasi terintegrasi dipercaya mengintegrasikan teknologi Visa EMV ke berbagai moda transportasi lainnya dalam waktu dekat.
“Kami bangga bisa menghadirkan teknologi Visa Contactless di Commuter Line Basoetta. Solusi ini membuat perjalanan semakin mudah, cepat, dan aman,” ujar Vira Widiyasari, Country Manager, Visa Indonesia.
Peluncuran ini turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Perhubungan, serta jajaran pimpinan dari KAI, KCI, dan MITJ, sebagai bentuk kolaborasi strategis lintas sektor.
Menjawab Kebutuhan Pengguna yang Semakin Digital
Studi terbaru dari Visa menunjukkan bahwa:
- 84% responden menginginkan opsi contactless di transportasi umum,
- 76% akan lebih sering menggunakan transportasi publik jika tersedia metode contactless,
- 40% telah menggunakan contactless untuk bepergian,
- 70% bersedia memiliki kartu contactless karena kemudahannya.
Baca juga: Cara Mengaktifkan Kembali Nomor simPATI yang Terblokir atau Hangus dengan Mudah
Angka ini menunjukkan tren pengguna Indonesia yang semakin mengandalkan pembayaran digital.
Dukungan untuk Wisatawan Mancanegara
Teknologi ini juga mendukung kemudahan perjalanan wisatawan internasional yang membawa kartu Visa dari negara asal mereka.
Dengan sistem tap-to-pay, mereka bisa langsung menggunakan Commuter Line Basoetta tanpa harus menukar uang atau membeli kartu lokal, sehingga memberikan pengalaman seamless sejak tiba di Bandara Soekarno-Hatta.
“Kita memasuki era transaksi tanpa hambatan. Ini adalah bentuk nyata transformasi digital di transportasi publik,” tutur Fuad I.Z. Fachroeddin, Direktur Utama MITJ.
Dengan lebih dari 650 proyek transportasi contactless di dunia, Visa kini membawa standar global itu ke Indonesia melalui kolaborasi dengan MITJ dan KCI.
Direktur Utama KCI, Asdo Artriviyanto, menyebut bahwa hadirnya sistem pembayaran Visa Contactless akan meningkatkan efisiensi dan kenyamanan, terutama bagi para komuter harian yang mengandalkan Commuter Line untuk mobilitas mereka.
Peluncuran ini juga menjadi bagian dari strategi Kementerian Pariwisata untuk mendorong kunjungan 16 juta wisatawan asing pada akhir 2025, dengan menghadirkan sistem transportasi yang ramah, modern, dan terhubung secara digital.